Berisi tentang Berita dan Informasi Terbaru dari Negara, Teknologi, Politik, Budaya, Sosial, dan Kehidupan Manusia

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 19 Februari 2011

Pay TV - TV Kabel Murah Hanya Rp.59.000

Persaingan pay TV atau televisi berbayar mulai sengit. Pertengahan 2011, Telkomvision berencana meluncurkan dua produk untuk segmen yang berbeda. Pertama merek baru pay TV dan IPTV.

Rencananya, kedua merek ini mulai meluncur pada kuartal II /2011 ini. Direktur Utama Elvizar mengatakan, ini untuk memanfaatkan potensi pasar yang masih luas. "Kami sudah siap produk baru khusus kalangan bawah," kata Elvizar.

Sayangnya, Elvizar belum mau menyebut merek baru pay TV yang akan di jual. Saat ini Telkomvision memiliki merek TV berbayar dengan nama Yes TV. Menurut Elvizar, saat ini pelanggan Yes TV sudah lebih dari 300.000 pelanggan. Jumlah ini meningkat 67 persen dari tahun 2010 lalu. Yes TV menetapkan biaya langganan Rp 90.000 hingga Rp 227.000.

Elvizar mengatakan, TV merek baru ini bersaing di bawah harga langganan Yes TV. "Kami sedang negosiasi dengan para pembuat konten untuk mengisi acara kami nanti," tuturnya.

Sebelumnya, Aora TV bangkit setelah mati suri. Direktur Utama Aora TV Guntur S Siboro mengatakan, potensi menengah ke bawah sangat besar. "Orang ingin harga terjangkau," tutur Guntur pada peluncuran Aora TV di Jakarta, Selasa (25/1/2011).

Aora TV saat ini menyasar segmen menengah ke bawah. Harga berlangganan Rp 59.000 hingga Rp 229.000. Untuk paket Rp 59.000 per bulan, Aora menawarkan antara lain saluran Disney, Kid Co, Jim Jam, Babby First, Saluran Film Indonesia, Saluran Musik Indonesia, Diva Universal, dan Fox Family Movies.

Guntur mengatakan, perlahan-lahan strategi pemasaran dua bulan belakangan adalah mendatangi langsung door to door pelanggan (direct sales). Selanjutnya, Aora mulai menyasar pulau Jawa dan Sumatera. Menurut Guntur, 80 persen pengguna televisi free to air berada di dua pulau ini. "Kami baru saja membuat kantor perwakilan di Sumatera," tuturnya.

Televisi kabel atau cable television adalah sistem penyiaran acara televisi lewat sinyal frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena (over-the-air). Selain acara televisi, acara radio FM, internet, dan telepon juga dapat disampaikan lewat kabel.

Sistem ini banyak dijumpai di Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia Timur, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Televisi kabel kurang berhasil di Afrika karena kepadatan penduduk yang rendah di berbagai daerah. Seperti halnya radio, frekuensi yang berbeda digunakan untuk menyebarkan banyak saluran lewat satu kabel. Sebuah kotak penerima digunakan untuk memilih satu saluran televisi. Sistem televisi kabel modern sekarang menggunakan teknologi digital untuk menyiarkan lebih banyak saluran televisi daripada sistem analog.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

aora payah klo ujan dikit langsung mati deh ga bisa nontong, sialnya acaranya di ulang ulang teruuuusss, jangan mau deh langganan aora kapok gw! filmnya ga mutu

Posting Komentar