Berisi tentang Berita dan Informasi Terbaru dari Negara, Teknologi, Politik, Budaya, Sosial, dan Kehidupan Manusia

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 11 Maret 2011

Jepang Dilanda Gempa 8.9 Skala Ritcher dan Tsunami

 Berita:

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) merupakan gempa terbesar yang melanda negara itu setelah 140 tahun. Demikian dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011).


Akibat gempa itu, tsunami yang memiliki ketinggian 10 meter di permukaan laut menghanyutkan segala apapun yang dilewatinya termasuk rumah, kendaraan, serta bangunan pertanian pun terbakar. Demikian keterangan disampaikan sejumlah saksi.


Satu orang dilaporkan meninggal di prefektur Fukushima yang terletak di sebelah utara Tokyo di mana sedikitnya 4 juta orang tinggal dan bermukim di sana. Kekuatan gempa yang mencapai 8,9 SR ini membuat banyak korban luka. Demikian laporan stasiun televisi NHK.

Kabar Terkini Orang Tewas:

Korban jiwa terus dilaporkan menyusul gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter yang mengguncang Jepang. Sejauh ini sedikitnya 22 orang dilaporkan tewas.

Korban jiwa diperkirakan akan terus bertambah. Setidaknya lima korban tewas dilaporkan di wilayah Fukushima yang berlokasi sebelah utara Tokyo. Demikian seperti diberitakan Reuters, Jumat (11/3/2011).

Beberapa gempa susulan telah terjadi usai gempa berkekuatan 8,9 tersebut. Akibat gempa ini, sebuah hotel di Kota Sendai ambruk. Beberapa orang dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan gedung.

Menurut media Jepang, NHK, gempa ini telah menimbulkan kebakaran di berbagai tempat, termasuk sebuah pembangkit listri tenaga nuklir Tohoku Electric Power Co di Kota Onagawa.

Ini merupakan gempa terbesar yang mengguncang Jepang dalam kurun waktu 140 tahun. Pascagempa ini, negara-negara di laut Pasifik telah mengeluarkan peringatan tsunami. Untuk Indonesia, tsunami diperkirakan mencapai Indonesia bagian timur pada pukul 18.30 WIB dengan ketinggian maksimal 1,5 meter.

0 komentar:

Posting Komentar